Tuesday, May 6, 2014

Bahaya Bersin-Bersin Yang Perlu Anda Ketahui

Bahaya kah bersin-bersin yang terjadi terus menerus hingga berkali-kali?

Gejala bersin-bersin terus yang sering terjadi di pagi hari saat baru bangun tidur merupakan gejala dari rinitis vasomotor. Rinitis vasomotor adalah jenis rinitis non-alergi yang terjadi akibat terganggunya sistem saraf vasomotor (saraf yang mengatur penyempitan dan pelebaran pembuluh darah).

Gejala rinitis vasomotor mirip sekali dengan gejala rinitis alergi, hanya saja pemicunya berbeda bukan karena alergen. Rhinitis vasomotor sering kali di picu oleh suhu dingin di pagi hari, perubahan temperatur yang cukup drastis, perubahan cuaca, kelembaban udara, iritan kimia tertentu yang baunya cukup menyengat, dan sejenisnya.

Bahaya dari bersin-bersin karena rhinitis ini yaitu bisa menimbulkan komplikasi penyakit lain jika tidak segera diatasi. Meskipun kasusnya cukup jarang, bahaya dari bersin-bersin yang terjadi terus menerus bisa menyebabkan komplikasi penyakit polip, sinusitis, otitis media, dan mungkin kondisi lainnya sehubungan dengan THT (telinga, hidung dan tenggorokan).

Polip yaitu tumor bertangkai yang melekat pada selaput lendir hidung. Sinusitis adalah radang di dalam lubang rongga hidung (sinus). Dan otitis media adalah peradangan telinga bagian tengah yang biasanya disebabkan oleh penjalaran infeksi dari tenggorok (faringitis).

Selain komplikasi penyakit-penyakit diatas, bahaya bersin-bersin lainnya yaitu bisa membuat badan letih, dan otot rasanya tertarik dan bisa menyebabkan nyeri jika bersin-bersin-nya sangat kuat.

Jikan Anda sering bersin-bersin, jangan ditahan, karena jika ditahan-tahan bisa berbahaya juga bagi isi kepala Anda. Saat menahan bersin, maka akan ada tekanan yang bisa menekan gendang telinga dan bisa merusaknya.

Kalau Anda sering bersin-bersin terus di pagi hari atau saat terpapar udara dingin, bersin-bersin saat habis mandi (gejala rhinitis vasomotor), maka sebaiknya Anda segera mengatasinya karena jika dibiarkan terus bisa berbahaya dan bisa semakin sulit disembuhkan.

Untuk mengobati bersin-bersin, saya sarankan Anda mencoba untuk membaca ebook mengatasi bersin yang bisa Anda peroleh di www.mengatasibersin.com, didalamnya terdapat panduan mengtasi bersin-bersin akibat gejala rhitnitis secara alami dan sangat mudah.

21 comments:

  1. Waw, bahaya nih, saya suka bersin-bersin terus.
    BTW, thanks infonya.

    ReplyDelete
  2. saya suka bersin-bersin di pagi hari saat bangun tidur, berarti itu gejala rinitis vasomotor ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kemungkinan anda menderita rinitis vasomotor.

      Delete
  3. Terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Jika didiamkan apakah tidak akan smbuh?

    ReplyDelete
  5. Jika didiamkan tidak akan sembuh, untuk bisa sembuh penderita harus mengetahui penyebabnya, agar penyakit bisa berhenti.

    ReplyDelete
  6. Saya setiap pagii selalu bersin .. meskipun udh kedokter msh aja ky gt .. tp setelah bersin tenggorokan suka sakit pas nelen .. knp yaa? Bahaya atau tdk?
    Mksh 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, memang suka seperti itu efeknya. Jika dibiarkan dalam jangka panjang bisa berbahaya, bisa terhubung ke penyakit lain.

      Delete
  7. Saya slalu bersin setiap hari.
    Kadang sehari bisa sampai 35 kali. Apa itu berbahaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibiarkan bertahun-tahun bisa berbahaya, pada dasarnya sering bersin-bersin itu adalah gejala/pertanda penyakit yang lebih besar dan lebih berbahaya.

      Delete
  8. Sy sering bersin2 sampai seharian kalau lg kambuh, tubuh terasa meriang/demam. kambuhnya mdh muncul pd saat nahan lapar ataupun nahan tidur.

    ReplyDelete
  9. Kalau saya mudah bersinketika terkena udara dingin dan juga jika erkena debu atau yg lainnya. Jdi itu termask rinithis yg apa ya?

    ReplyDelete
  10. Saya penderita asma. Nah kalo pagi, saya tuh suka bersin dan ingus yang tak berhenti keluar. Setiap malam juga saya menggunakan pendingin ruangan dan efeknya pun sama, apakah saya menderita penyakit rinitis vasomotor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kemungkinan besar anda menderita rinitis vasomotor.

      Delete
  11. Saya penderita asma. Nah kalo pagi, saya tuh suka bersin dan ingus yang tak berhenti keluar. Setiap malam juga saya menggunakan pendingin ruangan dan efeknya pun sama, apakah saya menderita penyakit rinitis vasomotor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kemungkinan anda menderita penyakit tersebut.

      Delete
  12. Apakah rhirnitis vasomotor itu menular ?

    ReplyDelete
  13. Saya setiap hari bersin dan setiap hari hidung saya ada ingus tapi ingusnya cair kaya air gitu. Itu kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena Anda menderita rinitis vasomotor (rinitis non-alergi).

      Delete

Feel free to write a comment.