Monday, May 5, 2014

Gampang Bersin-bersin? Mungkin itu Gejala Rinitis

Apakah Anda gampang bersin-bersin dan pilek? Bisa jadi sebenarnya Anda menderita penyakit Rinitis. Rinitis secara garis bear terdiri dari 2 sub kategori, yaitu Rinitis Alergi dan Rinitis Non-Alergi. Berikut ini penjelasan singkat mengenai Rinitis. 

Rinitis Alergi

Rinitis alergi adalah suatu kondisi peradangan hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi. Reaksi alergi ini dapat dicetuskan oleh berbagai hal tergantung dari tiap individu. Beberapa contoh pencetus rhinitis alergi yang sering ditemukan yaitu debu, serbuk sari bunga, bulu hewan, kecoa, makanan tertentu, dan lain-lain.

Cara untuk mengetahui status alergi penderita terhadap apa, yaitu bisa dengan melakukan skin prick test, yaitu suatu tes alergi dengan cara memasukan zat-zat (alergen) ke kulit dan setelah itu dilihat bagaimana reaksi tubuh terhadap zat tersebut apakah terjadi reaksi alergi atau tidak.

Rinitis alergi merupakan penyakit yang sangat sering ditemukan pada mereka yang memiliki riwayat alergi seperti karena faktor genetik atau karena ada keturunan alergi dari orang tuanya. Penyakit ini biasanya muncul pertama kali pada usia anak-anak atau remaja.

Rinitis Vasomotor

Rinitis vasomotor adalah suatu peradangan selaput lendir hidung yang bukan diakibatkan karena reaksi alergi, tapi terjadi karena terganggunya sistem saraf dan otot yang mengatur penyempitan dan pelebaran pembuluh darah di hidung sehingga bisa menyebabkan produksi lendir berlebih, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

Rhinitis vasomotor ini sering kali dipicu oleh udara dingin di pagi hari, perubahan suhu, angin, cuaca dingin, kelembaban udara, dan bahan kimia tertentu yang memiliki bau/wangi cukup menyengat (contoh parfum, sabun tertentu), asap rokok, dan sejenisnya..

Penderita rinitis vasomotor alergi umumnya mengeluh gampang bersin-bersin di pagi hari, gampang bersin-bersin saat baru bangun tidur, gampang bersin-bersin saat terkena air, gampang bersin-bersin saat di ruangan ber AC, dan sejenisnya.

Selain bersin, penderita juga mengeluhkan sering pilek yang disertai dengan cairan ingus bening yang agak encer, sehingga sering menyebabkan gangguan fungsi penciuman dan kadan hidung terasa mampet. Gejala lainnya yang mungkin muncul yaitu hidung dan mata agak gatal atau bahkan perih akibat peradangan.

Rinitis dapat menimbulkan beberapa komplikasi, seperti sinusitis dan otitis media. Gejala rhinitis yang muncul biasanya sangat mengganggu dan bisa mempengaruhi kemampuan konsentrasi belajar, mengganggu pekerjaan, dan bisa menyebabkan gangguan tidur.

Nah, bagaimana apakah Anda menderita rhinitis alergi atau rinitis vasomotor? 

Saya sendiri adalah penderita rhinitis vasomotor, karena dulu gampang sekali mengalami bersin-bersin terutama setelah bangun tidur di pagi hari. Sempat ke dokter dan diberikan obat golongan antihistamin, decongestant, serta obat semprot hidung steroid. Namun hasilnya tidak memuaskan dan masih suka bersin-bersin. 
Ternyata, menurut dokter yang pernah saya temui penyakit rhinitis itu memang tidak bisa disembuhkan dengan obat-obatan dan untuk menghindari gejala rhinitis maka harus terhindar dari pemicu atau pencetusnya.

Kemudian saya mencoba pengobatan alternatif melalui e-book panduan mengatasi bersin yang ada di www.mengatasibersin.com, dan setelah mengikuti langkah-langkah didalamnya, kini saya sudah tidak gampang bersin-bersin lagi seperti dulu. Daya tahan tubuh saya rasanya jadi tambah kuat, dan tidak gampang terkena gejala rhinitis lagi.

Jika Anda gampang bersin-bersin, saya sarankan Anda untuk coba membaca ebook mengatasi bersin, karena selain isinya yang sangat berguna, harganya pun cukup murah jika dibandingkan dengan manfaat yang bisa diperoleh. Siapa tahu Anda pun bisa sembuh dari gejala sering bersin-bersin yang sangat mengganggu.

2 comments:

  1. Sama nih aku juga gampang banget bersin-bersin, nginjek lantai yang dingin aja langsung bersin-bersin. Huft..

    ReplyDelete
  2. Gambar orang yang lagi bersin-bersin-nya lucu, hehehe

    ReplyDelete

Feel free to write a comment.