Tuesday, May 13, 2014

Penyebab Bersin-Bersin Terus Menerus

Penyebab bersin-bersin terus adalah karena Anda sedang menderita rhinitis vasomotor. Rinitis vasomotor adalah jenis peradangan selaput lendir hidung yang disebabkan karena terganggunya sistem saraf vasomotor seseorang.

Vasomotor adalah sistem saraf dan otot yang mengontrol diameter pembuluh darah. Saraf mengirim sinyal ke otot-otot yang mengelilingi pembuluh darah untuk mempersempit atau memperlebar pembuluh. Hal ini bisa menyebabkan pembuluh darah di hidung mudah mengeluarkan lendir dan juga hidung tersumbat dan mengakibatkan bersin-bersin terus.

Bersin-bersin karena rinitis vasomotor ini tubuh/kulit/sitem sarafnya akan sangat sangat sensitif sekali pada segala sesuatu yang dingin, serta sering dipicu atau disebabkan oleh suhu dingin di pagi hari, atau karena perubahan temperatur lingkungan terhadap tubuh.

Penderita rhinitis vasomotor ini sering kali mengeluhkan bahwa mereka suka bersin-bersin saat baru bangun tidur, mudah bersin-bersin saat terkena air, saat terkena angin dari AC, saat menginjak lantai yang dingin tanpa alas kaki, dan bersin-bersin di pagi hari.

Hal yang cukup aneh dari rhinitis vasomotor ini yaitu jarang terjadi hingga seharian atau hingga sore hari, tapi lebih sering terjadi di pagi hari saat suhu udara sedang dingin-ginginnya. Berbeda dengan rhinitis alergi yang mana sering disebabkan oleh terhirupnya alergen pemicu alergi seperti serbuk sari, spora jamur, tungau dan debu rumah.

Untuk mengatasi rhinitis alergi, seseorang bisa mengatasinya dengan cara menghindari alergen pemicu alergi. Akan tetapi jika rhinitis vasomotor, pemicunya sangat sulit dihindari karena penderita akan sangat sensitif dengan udara dingin dan setiap orang tentu saja tidak bisa menghindari udara dingin di pagi hari karena setiap orang harus melewati pagi hari dan tidak bisa langsung sore hari.

Selain itu rhinitis vasomotor ini tidak bisa diobati secara total karena memang belum ada obat-obatan yang bisa menyembuhkannya secara permanen. Dokter mungkin hanya akan memberikan beberapa jenis obat-obatan seperti obat antihistamin, obat dekongestan dan juga obat semprot hidung (nasal spray), namun obat-obatan tersebut hanya untuk membantu meredakan gejala bersin-bersin secara sementara saja dan memiliki efek samping.

Tips dari saya, jika Anda sering bersin-bersin terus menerus dan ingin mengobatinya secara alami tanpa takut dengan efek samping obat-obatan kimia, saran saya cobalah mengikuti panduan cara mengobati bersin yang ada dalam ebook mengatasi bersin. E-book tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat di www.mengatasibersin.com.

Didalam e-book tersebut terdapat penjelasan lengkap mengenai penyebab bersin-bersin, penjelasan penyebab penyakit rhinitis, penjelasan rhinitis alergi, rhinitis vasomotor, dan yang paling penting yaitu tentang cara mengobati tubuh Anda agar tidak mudah bersin-bersin lagi.

Saya sendiri adalah penderita rhinitis dan sering sekali bersin-bersin terus menerus hingga berkali-kali, namun berkat panduan didalam e-book tersebut, kini hidung saya sudah tidak mudah bersin-bersin lagi dan menjadi lebih kebal.

54 comments:

  1. Apakah bersin-bersin dan pilek karena rhinitis vasomotor ini bisa disembuhkan?
    Soalnya saya pernah dengar bahwa rhinitis tidak bisa disembuhkan dan hanya bisa di kontrol saja gejalanya.
    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar, kata kebanyakan Dokter, rhinitis terutama rhinitis yang disebabkan karena alergi (Allergic Rhinitis) tidak bisa disembuhkan secara total, jadi harus selalu menghindari alergen jika tidak ingin bersin-bersin.
      Tapi kalo vasomotor rhinitis bisa disembuhkan, karena bukan karena alergi.

      Delete
  2. Ayahku suka bersin-bersin di pagi hari tanpa sebab. Makanya saya sangat berterimakasih atas penjelasan anda.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Sama, saya juga kalo baru bangun tidur pagi, sering sekali bersin-bersin terus hingga belasan kali! Kenapa ya..

    ReplyDelete
  4. Saya juga kalo tidur d baeah AC sring brsin2
    Makasih y atas informasinya

    ReplyDelete
  5. saya sering bersin2 disore hari ? sekali bersin bisa sampai 5 kali terus 10 menit yang akan datang bersin lagi 5kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar anda menderita penyakit rinitis Vasomotor.

      Delete
  6. Saya sering bersin ketika malam hari akan tidur dan pagi hari setelah bangun tidur,saya juga sering bersin ketika ada di ruangan yang berdebu dan pengap. Saya sering merasakan sesak napas ketika menghirup debu ataupun asap rokok.. dan ketika di ruangan berAC hidung saya mampet satu. Kenapa ya? terimakasih atas jawaban yang di berikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar mas Ingga Setiana menderita Rhinitis Vasomotor, yang mana gejalanya ditandai dengan sering bersin-bersin berulang-ulang, hidung mudah meler pilek, dll..

      Delete
  7. akhir-akhir ini saya sering sekali bersin2, tepatnya setelah liburan panjang kuliah di kampung dan kembali ke rantau (baca:kota), bersin2nya ketika berada di ruangan berkipas angin, AC, bahkan di luar ruangan. apa ini efek dari polusi debu atau kenapa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar anda menderita Rinitis Vasomotor, anda menderita sensitifitas yang berlebihan pada suhu dingin, seperti udara dingin dari AC, kipas angin, iklim dingin, dan sejenisnya. Bukan karena debu ataupun alergi.

      Delete
  8. kakak sy jenis bersin waktu pagi setiap pagi..selagi tak cukup 10 x bersin dia x kan berhenti kenapa mcm tu ye

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena Kakak anda menderita rinitis vasomotor dan juga prediabtes.

      Delete
  9. Sejak akhir-akhir ini, saya selalu bersin. Dalam 1 hari banyak sangat saya bersin tapi saya bersin 2 kali.....selang beberapa jam lepas tu macam tu juga... Adakah ia disebabkan penyakit atau masalah lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda menderita kelainan sistem imun dan juga menderita penyakit auto imun.

      Delete
  10. Sejak akhir-akhir ini, saya selalu bersin. Dalam 1 hari banyak sangat saya bersin tapi saya bersin 2 kali.....selang beberapa jam lepas tu macam tu juga... Adakah ia disebabkan penyakit atau masalah lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, itu disebabkan suatu komplikasi penyakit tertentu.

      Delete
  11. Kalau saya sering bersin bersin tanpa dingin udara atau panas udara dan hidung gatal sekali waduuuh

    ReplyDelete
  12. SANGAT BERMANFAAT SEKALI ARTIKEL INI. TERIMA KASIH YA!

    ReplyDelete
  13. Wahhh....saya pikir saya ajh yang suka bersin2 sampe belasan kali...ternyata bnyak yah.....
    Wkwkwkwkwkwkkwkw

    ReplyDelete
  14. Saya juga sering bersin2 tapi tidak sampai belasan Kali cuman pas bersin wuiiihhh hidung langsung meler banyak sekali (maaf) ingus yg keluar.. Kalo udara dingin atau berAC saya jarang bersin tapi kalau di tmpat berdebu nggak berhenti... Apakah ini termasuk alergi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika gejala bersin dan hidung meler nya tidak disebabkan udara dingin, melainkan disebabkan oleh partikel debu, berarti anda menderita Rinitis Alergi.
      Pemicu rinitis alergi diantaranya yaitu debu, serbuk sari tanaman, serbuk jamur yang berterbangan, dan sejenisnya.

      Delete
  15. Ane tiap pagi musti bersin-bersin bang :'( pas abis mandi juga, terus abis buka kulkas terus bersin. Padahal ane udah nyoba berhenti gitu minum-minum es tapi tetep aja :'( sering bersin kalo deket hawa dingin, tapi pas panas apa kena debu gitu nggak :'( dan sekalinya bersin bisa sampe lebih 10 kali bang :'( oh iya lendir ane warnanya bening ._. Dan abis bersin rasanya tenggorokan perih gitu bang :'( sedih ane rasanya. Abis bersin-bersin suka bikin mata perih, sampe keluar air mata klo sedang pilek dan bersin-bersin ga kekontrol kea gitu :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smaan ama gue :') gue turut bersedih, smg kita bs sembuh

      Delete
  16. apakah ada situasi dimana rinitis vasomotor dan alergi itu menjadi satu? sebab saya penderita alergi debu dsb, dan saya juga selalu bersin berulang kali setiap pagi dikarenakan kulit saya sangat peka terhadap perubahan suhu. tidak kuat dingin sampai saya mengira alergi dingin, bahkan tidak bisa menginjak lantai rumah tanpa menggunakan alas kaki. mohon bantuan penjelasan akan itu, artikel ini sangat membantu. terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, seseorang bisa mennderita rinitis vasomotor dan juga rinitis alergi secara bersamaan. Namun seringkali banyak orang yang menganggap alergi padahal bukan alergi.

      Delete
  17. Saya berasal dari kampung tepatnya diatas gunung yang udaranya sangat dingin. Saat lulus SMA saya kuliah di luar kota yang udaranya sangat panas berbeda jauh dengan dikampung, ketika liburan lebaran ini saya pulang kampung, sesampai di kampung saya sering bersin2 yang tak terkontrol kadang capek sendiri. Saya bingung kenapa kok bisa begini, sempat berfikir apakah penyebanya dari debu atau udara dingin, ditempat yang ber Ac pun juga bersin2 ?? Apakah ini termasuk rinitis vasomotor ?? Terimakasih

    ReplyDelete
  18. Terima kasih informasinya.. saya mengalami seperti itu setiap pagi hari. Apalagi setelah mandi bersin sampai 10 x an. Yang menjadi pertanya apakah berbaya kalau dibiarin. Karena selama ini saya biarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaya, bisa menjadi penyakit yang lebih besar.

      Delete
  19. Bos knp saya sering bersin di waktu mau tidur apa mungkin sebab kecapean atau yg lain... sbb klo saya ambil cuti langsng tak bersin2 mohn solusinya ya bos..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satunya bisa disebabkan karena kondisi tubuh yang buruk, bisa karena kecapean, bisa karena kerusakan organ tubuh, bisa karena penurunan daya tahan tubuh, kelainan sistem immune, dan sebagainya.

      Delete
  20. Ooh kawan, trimakasih atas informasinya. Ini sangat membantu. Saya sampai mau pingsan gitu kalau sudah kumat bersin"nya.

    ReplyDelete
  21. Bahayakah penyakit rhinitis manovator

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak membahayakan jiwa, namun bisa sangat menganggu aktivitas sehari-hari, dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan komplikasi dengan penyakit lain.

      Delete
  22. Saya sring sekali bersin-bersin setiap pagi ketika bangun tidur dan saat udara begitu dingin pasti brsin-bersin gak brhenti-berhenti,saat terkena debu juga bersin-bersin, mencium bau baju baru atau memakai pakaian yg trsimpan dlemari dlm jangka lama pasti bersin-bersin, setiap malam juga bersin-bersin, apakah aku ini terkena penyakit rhinitis vasomator?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kemungkinan anda menderita penyakit tersebut.

      Delete
  23. Saya suka bersin di pagi hari
    Dan kalau kena debu juga suka bersin-bersin terus sampe mampet hidungnya itu knpa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika anda sering gampang pilek dan bersin-bersin dipagi hari saat baru bangun tidur, kemungkinan Anda menderita Rinitis vasomotor.

      Delete
  24. Beberapa hari ini saya sering banget bersin-bersin.
    Bersinnya beda dg bersin yg disebabkan oleh penyakit flu atau pilek. Saya rasa juga bukan karena faktor debu.
    Kalau pas lagi kena serangan, bisa lebih dari 5x saya bersin (dalam 1 waktu, bukan dalam sehari). Selain itu, mata kiri saya jadi berair dan suara saya juga sengau. Kira-kira kenapa ya? Atau mungkin lebih baik saya periksa ke THT?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari gejala yang anda jelaskan kemungkinan besar anda menderita Rinitis vasomotor.
      Kalau mau periksa ke dokter THT silahkan.
      Perlu anda ketahui, penyakit yang anda derita tersebut tidak bisa disembuhkan dengan obat.

      Delete
  25. Wah ternyata bukan cuma saya aja yg bersin2 terus klo kena ac dan air waktu pagi tapi kenapa ya kok penyakit seperti ini belum ada obatnya yg bs menyembuhkan secara total.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena penyakit tersebut memang tidak bisa diobati dengan sekedar minum obat.
      Cara mengatasinya bukan pakai obat-obatan.

      Delete
  26. Maaf saya ingin bertanya , apakah brbahaya kalau pnyakit itu terlalu lama , saya selalu bersin di pagi hari setiap terkena air , ketika cuaca dingin dan tak bisa tercium bau debu asap atau terkena bulu hewan , kalau saya alami itu dari pagi sampai malampun tak henti2nya hidung saya bersin sampai tenggorokan sakit , matapun berair, biasa saya langsung minum obat procold , untuk mnghilanglan gejalanya , apa bahaya jika saya mengkonsumsi obat itu terus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat semacam itu hanya dapat menghilangkan gejalanya secara semantara.
      Ketergantungan pada obat dalam jangka panjang dalam rangka untuk mengatasi penyakit adalah kebiasaan yang buruk.
      Penyakit yang anda derita adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan hanya minum obat-obatan.

      Delete
  27. Hampir setiap pagi saya bersin2 lebih dari 5x bahkan 10x. Setelah itu mata berair dan keluar lendir (ingus)..
    Tapi bersin2 ini juga terjadi jika saya mengucek hidung apabila gatal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Meidy: Betul, memang seperti itu gejala-gejalanya.

      Delete
  28. Sama seperti yang saya alami. Ketika udara dingin dan terkena air saya selalu bersin tanpa henti. Tak jarang berlangsung hingga seharian bahkan semalaman, sehingga badan terasa lemas, hidung tersumbat, mata berair, sakit kepala dan sakit pada tenggorokan. Selain karena udara dingin ketika terkena debu saat bersih-bersih rumah atau jalanpun bersin berkepanjangan sering muncul. Hidung terasa sangat sensitif karena ketika tertekan/dipencet bukan malah sembuh tapi malah tambah parah. Seringkali menggunakan masker, tapi ketika dilepas bersin-bersin mulai lagi. Sehingga tak jarang saya mengikat kain menutupi hidung saya. Apakah itu berbahaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rina Sari: Penyebab dari gejala penyakit yang anda alami bukanlah akibat hidung Anda yang bermasalah, akan tetapi ada masalah lain yang lebih kompleks.
      Jadi tidak perlu menutup hidung, karena menutup hidung bukanlah solusi.

      Delete
  29. saya selalu bersin setiap bangun tidur, setiap kena debu, cium bau parfum yg melekat, asap dan kalau habis dari ruang ber AC lalu pas keluar ruangan suhu nya panas langsung deh tuh bersin lagi, tuu sama kyk tulisan di atas gak ya ka? atau ada sebab lain? ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama.
      Kemungkinan besar Anda menderita rinitis vasomotor (rinitis non-alergi).

      Delete

Feel free to write a comment.